Kamis, 31 Mei 2012

LAKTON


GDL (Glukosa Delta-lakton) dalam Makanan


Aditif memainkan peran utama dalam pembuatan makanan. Glukosa delta-lakton, juga dikenal sebagai gluconolactone, atau GDL untuk jangka pendek, adalah pati berbasis makanan aditif yang terbuat dari jagung. Ini melayani beberapa tujuan dalam industri manufaktur makanan. GDL adalah senyawa D-glukonat asam, yang berasal dari glukosa melalui proses fermentasi. Asam glukonat terjadi secara alami dalam buah-buahan, madu, tanaman dan anggur. 

Bumbu
Salah satu kegunaan utama dari GDL dalam makanan adalah untuk memberi rasa asam, yang merupakan kelas tambahan makanan yang melayani tujuan menurunkan pH. Hal ini membuat makanan lebih asam, berkontribusi terhadap rasa asam atau pahit. Dengan cara ini, ia bertindak sebagai agen penyedap untuk makanan dan minuman. Hal ini ditambahkan pada makanan olahan untuk berkontribusi pada rasa asam. GDL ini mirip dengan asam sitrat, sebuah rasa asam lebih dikenal dan banyak digunakan.

Pengawet 

Pangan olahan diproduksi untuk terakhir di rak-rak toko bahan makanan selama berbulan-bulan pada suatu waktu. Pengawet yang ditambahkan untuk mencegah makanan dari memanjakan. Produsen menambahkan GDL ke makanan untuk melestarikan rak mereka hidup dengan mengatur keasaman. Efek menurunkan pH asam dan membuat lebih banyak makanan mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang biasanya akan memecah makanan. 

Produk Makanan 

GDL ditambahkan ke kerang mana ia bertindak sebagai stabilisator dan berkontribusi terhadap warna. Hal ini ditambahkan ke ikan kaleng dan daging olahan seperti sosis sebagai pengawet dan bumbu. Dalam produk salmon, GDL ditambahkan untuk berkontribusi pada rasa dan warna. GDL ditambahkan ke keju tertentu untuk mencapai rasa yang tajam. Dalam makanan yang dipanggang, GDL membantu mendukung proses memanggang dan bertindak sebagai pengawet. 

Alergi 

Beberapa orang alergi terhadap jagung dan harus menghindarinya dalam semua bentuknya. Anda mungkin mengalami reaksi terhadap makanan yang mengandung GDL jika Anda memiliki alergi jagung. Beberapa orang sangat sensitif terhadap jagung, sementara yang lain hanya cukup begitu. Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin alergi terhadap GDL, konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat melakukan tes kulit alergi untuk membantu menentukan apakah Anda perlu menghindari hal ini aditif makanan.

2 komentar:

  1. apa yang menyebabkan GDL (Glukosa delta-lakton) menimbulkan alergi dalam tubuh?

    BalasHapus
  2. apa fungsi GDL dalam pebuatan cake atau muffin ?

    BalasHapus